CIPTAKAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH), MADRASAH MELAKUKAN PENATAAN TAMAN

Taman sekolah merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang didesain untuk mengindahkan dan menghijaukan lahan di lingkungan sekolah karena dengan taman suasana belajar di sekolah lebih menyenangkan.

” Seperti halnya perpustakaan, ruang UKS, mushola dan laboratorium, taman termasuk fasilitas sekolah yang bisa menunjang kegiatan para siswa di sekolah karena berkaitan dengan kenyamanan, ” kata Dra. Solihah, MSI., Kepala MTsN 2 Magelang.

Untuk mewujudkan  lingkungan sekolah yang nyaman dan indah maka diperlukan penataan lingkungan yang berkaitan dengan taman. ” Biar menambah keindahan dan kenyamanan makan kita adakan penataan taman dilingkungan madrasah kami. Meskipun dengan keterbatasan tempat yang tersedia, namun sekecil apapun halaman yang kita miliki kita tata sebaik mungkin sehingga dapat memberikan dampak positif bagi siapa saja yang memasuki dan berada di lingkungan madrasah, ” ujar Solihah saat ditemui di sela-sela kesibukanya kemaren, Kamis (11/02/2021)

Sebelum melakukan pembuatan dan penataan taman, ada hal penting yang perlu dilakukan agar supaya nantinya menghasilian taman yang indah dan nyaman sesuai dengan kondisi lingkungan.

” Sebelum memulai penataan, saya pastikan  dulu tempat yang akan kita tata. Karena tempat kita terbatas, maka kita putuskan gerbang depan madrasah yang kita tata. Sebagian sudah ada taman, cuma perlu kita tambah dengan tanaman yang lebih variatif dengan rumput gajahan dan juga bunga dengan kombinasi warna yang kita mainkan untuk menghasilkan keindahan. ” kata Moh. Rosyid Ridho, ketua tim penataan taman madrasah didampingi Sigit Indardi Purnomo dan Abdul Khalim.

Ketepatan dalam memilih jenis tanaman dan warnanya juga merupakan kunci keberhasilan dalam pembuatan desain taman. ” Kuncinya ya kita pilih jenis tanaman yang sesuai. Untuk penataan kali ini kita datangkan jenis rumput gajah dan tanaman pendek karena lokasi yang mau kita tanami tidak memungkinkan dengan tanaman besar seperti palem dan ketapeng, ” ujar Sigit Indardi Purnomo pelaksana tim tamanisasi madrasah.

Dengan penataan taman di lingkungan madrasah ini diharapkan  akan memberikan suasana baru yang lebih nyaman bagi para siswa dan juga tenaga pendidik. ” Saya mengapresiasi dan menyambut baik kebijakan madrasah untuk melakukan penataan taman. Bisa menghilangkan kejenuhan dari kesibukan saya bekerja, ” kata Retno Sujiwati, guru IPA yang akrab disapa Retno tersebut.(KF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *