DINAS SOSIAL SOSIALISASIKAN KEKERASAN TERHADAP ANAK DI MTsN 2 MAGELANG

Dinas Sosial Kabupaten Magelang mengadakan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak di MTsN 2 Kabupaten Magelang hari ini (Kamis,  24/10/2019). Sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kekerasan terhadap anak yang terjadi dilingkungan sekolah. Ada banyak faktor penyebab terjadinya kekerasan terhadap anak, salah satunya pendidikan karakter disekolah yang kurang memadai sehingga anak sangat mudah terbujuk rayu oleh orang-orang yang tidak mempedulikan masa depan anak-anak. Disamping itu juga faktor ekonomi dalam keluarga juga turut mempengaruhi terjadinya kekerasan.

Melihat begitu banyaknya faktor, maka sudah selayaknya semua pihak mulai dari orang tua, keluarga, pihak sekolah dan seluruh komponen masyarakat untuk menyatukan langkah menyikapi fenomena terus berulang dan meningkatnya kekerasan terhadap anak.

” Kita prihatin karena di Kabupaten Magelang kekerasan terhadap anak meningkat, tercatat dari Januari hingga April saja ada tiga puluh kasus kekerasan terhadap anak,” kata Miftachul Ma’rifah dari Dinas Sosial Kabupaten Magelang ditemui disela-sela kegiatan sosialisasi hari ini. Berbagai macam bentuk kekerasan terjadi terhadap anak mulai dari perkelahian antar teman, bully dan tindak kekerasan yang lain yang menyebabkan luka fisik maupun trauma psikis. Oleh sebab itu upaya pencegahan perlu dilakukan. Kepala MTsN 2 Kabupaten Magelang mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas kerjasamanya dengan dinas sosial kali ini. ” Saya sampaikan terimakasih dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa berlanjut sehingga tidak terjadi kekerasan terhadap anak utamanya di madrasah ini,” kata Dra. Solihah, MSI. (ak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *