JAMIN KEAMANAN DAN KESEHATAN JAJANAN ANAK, KEPALA MTsN 2 KABUPATEN MAGELANG BERI SOSIALISASI KEPADA PEDAGANG

Dalam rangka menjamin kesehatan dan keamanan jajanan anak, kepala MTsN 2 Kabupaten Magelang memberikan sosialisasi kepada para pedagang mengenai pentingnya keamanan dan kesehatan pangan jajanan anak di madrasah. Sosialisasi dengan mendatangi satu persatu para pedagang dihalaman madrasah tersebut dilakukan hari Jum’at (25/10/2019)

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran pedagang akan pentingnya menjajakan pangan jajanan anak yang sehat. ” Saya sampaikan kepada para pedagang jajanan anak yang dijual di sini harus sehat dan aman dikonsumsi anak,” kata Dra. Solihah, MSI. Dari hasil pantauan selama ini masih ditemukan beberapa jajanan yang diindikasikan tidak sehat dan aman untuk dikonsumsi. Seperti minuman dengan kandungan bahan pengawet yang berlebih serta makanan yang sudah melampaui batas waktu kadaluarsa. ” Kita pernah temukan makanan gorengan yang tidak sehat karna sudah satu hari karna tidak laku kemudian digoreng kembali untuk dijual,” ujar Solihah Kepala MTsN 2 Magelang tersebut.

Beberapa upaya antisipasi telah dilakukan salah satunya dengan membuat MOU antara pihak madrasah dengan para pedagang yang berisi kesepakatan untuk menjual jajanan yang sehat dan aman. ” Para pedagang yang jualan disini sudah menandatangani MOU tersebut dan saya sendiri yang menyampaikan suratnya,” kata Abdullah Al Kafi, MSI wakil kepala bidang kesiswaan saat mendampingi kegiatan sosialisasi. Para pedagang menyambut baik kebijakan madrasah mengenai aturan jajanan yang sehat dan aman untuk anak. ” Maksud saking Bu kepala niku sae soalipun nggeh nek jajanane mboten sehat mesakne lare seng tumbas,” kata sumeti pedagang ojek. Senada dengan sumeti juga disampaikan Mukhid,” jajanan Kulo mboten ngangge pengawet sekali telas nggeh pun ganti seng enggal. Nek eco lan sehat kan langganan Kulo mboten kecewa makane Kedah seng eco lan sehat,” ujar Mukhid pedagang ojek yang biasa mangkal menjajakan daganganya di Madrasah tersebut.

Pihak Madrasah berharap dengan kegiatan ini semua pedagang akan menjual jajanan anak yang sehat dan aman dikonsumsi.(25/10/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *